Notification

×

Indeks Berita

Asobsi Tawarkan Kelola Sampah di Sumbar Sampai Tingkat Nagari

Sabtu, 19 Maret 2022 | Maret 19, 2022 WIB Last Updated 2022-03-19T00:25:15Z

 



Gubernur Sumbar Mahyeldi bersama Pengurus Asobsi

padanginfo.com-PADANG-
 Asosiasi Bank Sampah Indonesia (Asobsi)  berminat untuk  melakukan poengelolaan sampah sampai ke tingkat nagari di Sumbar. Gubernur Mahyeldi menyambut baik tawaran yang disampaikan. .


"Keinginan Asobsi tersebut ini kami sambut baik. Sebab   untuk pengolahan sampah secara modern,  tidak hanya memindahkan sampah ke tempat pembuangan akhir. Melainkan  bisa diolah dan dimanfaatkan sebagai pupuk dan pakan ternak serta bernilai ekonomi tinggi," kata Mahyeldi  saat menerima audiensi Ketua Asobsi Wilda Yanti, di Gubernuran, Kamis (17/3/2022).


Gubernur berharap dengan sinergi bersama Asobsi, persoalan pengolahan sampah di Sumbar bisa semakin baik, bahkan hingga ke tingkat nagari, sehingga selain bisa membuat lingkungan bersih dan sehat, juga diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Sebelumnya, Ketua Asobsi Wilda Yanti  menyatakan kesiapannya membantu Pemprov Sumbar maupun kabupaten kota lainnya dalam pengelolaan sampah, termasuk di nagari-nagari. Sebagaimana telah sukses dilakukan di berbagai daerah lainnya.


"Setiap nagari harus punya lembaga pengolahan sampah yang baik. Sebab sangat banyak manfaatnya dan bisa menambah penghasilan. Kami dari asosiasi siap membantu pemprov maupun kabupaten dan kota mensukseskan program ini. Kita siapkan namanya Sumbar Bersatu (bersih sampah terpadu)," ujar Wilda.


Asobsi menurut Wilda juga bersedia membeli produk sampah ekonomis masyarakat, termasuk membantu pemasaran dengan industri jika skala sampah ekonomisnya sudah besar.


Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar, Siti Aisyah, juga merespon positif berbagai masukan dari Asobsi dan akan menindaklanjuti dengan kerjasama dan kolaborasi.


Demikian Siaran Pers Dinas Kominfotik Sumbar. (in).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update