Notification

×

Indeks Berita

Pertarungan Seru Incumbent dengan 8 Caleg Baru DPR RI di Dapil 1 Sumbar

Senin, 02 Januari 2023 | Januari 02, 2023 WIB Last Updated 2023-01-02T04:53:22Z



Inilah 8 sosok caleg DPR RI Dapil I Sumbar yang siap bertarung dengan Incumbent pada pemilu 2024 mendatang

padanginfo.com-
PADANG-Pada pemilu 2024 mendatang di dapil 1 Sumbar bakal memprebutkan 8 kursi. Pertarungan ini dinilai bakal seru karena Incumbent harus berhadapan dengan caleg muka baru yang mengenal dikenal masyarakat di di daerah.


Sebut saja nama caleg dapil 1 Sumbar yang maju sebagai cakeg DPR RI. Mereka adalah mantan bupati Tanah Datar 2 periode M Shadiq Pasadique yang diusung Nasdem. Lalu ada Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda dan Anggota DPD RI  Alirman Sori, keduanya dari Partai Golkar.


Kemudian anggora DPRD Sumbnar dari FKS  Rahmat Saleh . Ada mantan Kapolda dan mantan cagub Sumbar Irjen Pol (Purn) Fakhrizal dan anggota DPRD Sumbar Albert Hendra Lukman, keduanya dari PDI Perjuangan serta mantan anggota DPD  Nofi Candra yang cfoba maju lewat  Partai Gerindra. 



"Dari penelusuran Tim Media sejak pertengahan Desember 2022, ekstremnya hanya menyisakan tiga atau empat Caleg Incumbent terpilih kembali dari9 8 kursi di dapil 1, sisanya muka baru. Ketokohan wajah baru ini  luar biasa," ujar Koordinator Tim Media Sumbar Almudazir., di Padang, Senin (2/1/2023)


"Bang Shadiq ini ketokohannya kompleksitas, aktifis kepemudaan, pamong senior dan termasuk kepala daerah yang sukses jadikan Tanah Datar tinggal landas dari kabupaten biasa saja menjadi maju di era  Shadiq memimpin, Pak Shadiq itu peletak kemajuan Tanah Datar,"ujar Almudazir



"Menarik Zigo dan Alirman Sori, Ketua DPRD Solok Selatan dan Anggota DPD RI,karena  pertarungan soliditas kabupaten asal masing-masing, kalau berkolaborasi bisa-bisa Partai Golkar dapat dua kursi di DPR RI  diu dapil 1, itu artinya mengembalikan kejayaan Partai Golkar di Dapil ini," ujar Almudazir. 


Sementara Irjen Pol (Purn) Fakhrizal yang mantan Kapolda Sumbar juga Mantan Cagub Sumbar 2020 bisa saja memberikan satu kursi DPR RI ke PDI Perjuangan. 


"Ingat ada Albert Hendra Lukman yang soal pemilihan sudah sarat pengalaman, modal pengalaman Albert untuk merebut kursi DPR RI," ujar Almudazir. 


Lalu Rahmad Saleh, Anggota  DPRD Sumbar dari PKS juga sudah menebar baliho DPR RI 2024. Rahmad Saleh bisa saja membuat Caleg Incumbent PKS Hermanto gigit jari kalau Hermanto maju kembali ke DPR RI. 


Nofi Candra juga punya khans nemperkuat dan manambah pundi suara Partai Gerindra, Tokoh Kabupaten Solok ini masih memiliki loyalis kuat. 


"Nofi Candra bisa saja menggeser Pak Suir Syam, kalau Andre Rosiade sulit, karena penelusuran  kami Andre elektabilitas nya tertinggi dari 8 anggiata DPR RI dari Dapil Sumbar I, namun kabarnya  Andre bakal maju sebagai calgub Sumbar" ujar Almudazir. (ak)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update