Notification

×

Indeks Berita

Ada Gajah di Hutan Sumbar, BKSDA: Jangan Diburu

Jumat, 17 Februari 2023 | Februari 17, 2023 WIB Last Updated 2023-02-17T08:42:57Z

 


Dua ekor gajah Sumbar sedang berada di hutam Sijunjung. Foto tangkapan layar Instagram (@sijunjung_travelingr

padanginfo.com
-SIJUNJUNG – Sepasang  gajah terlihat melintas di kawasan hutan Sumatera Barat (Sumbar) setelah 43 tahun tidak tampak. Gajah Sumatera tersebut terlihat di Nagari Durian Gadang, Kabupaten Sijunjung, Sumbar.


Lokasi keberadaan atau penemuan gajah tersebut diketahui berada dikelola Geopark Silokek, berupa hutan lindung.



Kehadiran gajah tersebut merupakan sejarah baru bagi Sumbar setelah terakhir kali muncul 1980 di Solok Selatan (Solsel).


BKSDA menduga, kemungkinan besar gajah ini berasal dari Bungo, Jambi, seperti kemunculan tahun 2014 di perbatasan Jambi – Dharmasraya atau dari koridor Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Jambi.


“(Pertama kali) dilaporkan warga kemunculan dua ekor gajah Sumatera jantan pada Selasa (14/2/2023) pagi,” kata Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono.


Saat ini, BKSDA Sumbar telah berkoodinasi dengan pengelola Geopark Silokek, Dinas Kehutanan Sumbar dan instansi terkait di Kabupaten Sijunjung untuk mengantisipasi perburuan.


“Kami telah membentuk tim pemantau khusus gajah tersebut. Hewan ini dilindungi dan masuk ke dalam Undang-undang (UU) Konservasi Sumbar Daya Alam dan Ekosistemnya nomor 5 tahun 1990, segala bentuk perburuan hewan ini dilarang dan pelaku terancam terkena kurungan penjara lima tahun dan denda Rp100 juta,” tuturnya. (sgl/ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update