Notification

×

Indeks Berita

PKL Padang Korban Kebakaran Minta Bantu Modal Usaha, Begini Kata Andre Rosiade

Sabtu, 27 Mei 2023 | Mei 27, 2023 WIB Last Updated 2023-05-27T08:34:16Z

 




Andre Rosiade akan mencari solusi bantuan modal usaha awal bagi PKL korban kebakaran. Foto.asko

padanginfo.com
-PADANG- Puluhan pedagang kali lima (PKL) korban kebakaran berdialog dengan anggota DPR-RI Andre Rosiade di Padang, Sabtu (27/5/2023). Para PKL meminta bantuan modal usaha awal, karena sejak lapak dan dagang mereka ludes terbakar belum berjualan akibat tidak punya modal.


"Pasca kebakaran, PKL tidak lagi berjualan karena tak punya modal. Untuk itu, kami meminta Pak Andre Rosiade mencari solusinya," kata Suharyati Cantik, kuasa hukum PKL ketika berdiolag dengan Andre Rosiade, di lokasi kebakaran PKL Fase 7.


Seperti diketahui kebakaran lapak PKL terjadi, Rabu (17/5/2023), pukul 7.15 WIB. Sedikitnya 40 lapak pedagang dan baranhg dagang mereka ludes dilalap api.


Suharyati Cantik mengatakan, pasca kebakaran sejumlah bank mendatangi pedagang guna memperpanjang pinjaman untuk modal usaha. Namun para pedagang menolak, karena mereka meninginkan bantuan dari pemerintah kota Padang.


Meski demikian, kata Suharyati, pemko Padang hanya bisa memberi bantuan dari Banzanz Padang sekitar 2 atau 2,5 juta per PKL. Bantuan itu dinilai PKL belum cukup dijadikan modal awal.


"Ada 40 PKL dagangnya ludes terbakar dan 108 lainnya terdampak. Mereka butuh bantuan 20 juta per PKL untuk modal awal," sebut Suharyati.


Menanggapi hal itu, Andrea Rosiade meminta Ketua Fraksi Gerindra Padang untuk berkomunikasi dengan pemko Padang terkait untuk meningkatkan bantuan tadi.


Terkait persoalan pinjaman PKL dengan bank, Andre Rosiade, akan menelpon sejumlah Dirut Bank guna mendiskusikan pinjaman PKL yang macet karena dampak kebakaran.


"Saya nanti telepon Dirut Bank, paling ada perwakilan bank untuk ajak malam nanti diskui di Bukittinggi," pungkas Andre. (ak)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update