Notification

×

Indeks Berita


DPRD Dumai Stuban Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Pemko Bukittinggi

Kamis, 06 Juli 2023 | Juli 06, 2023 WIB Last Updated 2023-07-10T03:55:58Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - Diskominfo Kota Bukittinggi terima kunjungan DPRD Kota Dumai. Rombongan diterima Kadiskominfo, di ruang Bukittinggi Command Center (BCC), Kamis (06/07).


Ketua Komisi 1 DPRD Kota Dumai, Idrus, menjelaskan, tujuan kunker kali ini, untuk mempelajari bagaimana sistem pemerintahan berbasis elektronik, karena diakui Diskominfo Bukittinggi cukup terdepan secara nasional. Banyak aplikasi diterapkan dalam pemerintahan, yang memudahkan pelayanan kepada masyarakat.


Disebutkannya, DPRD Kota Dumai ingin mengetahui bagaimana Kota Bukittinggi menjalin kerjasama dengan pihak ketiga terkait jaringan internet dan juga sistem fiber optik. Karena, setiap tahun, Kota Dumai menganggarkan dana cukup besar untuk bandwith.


“Selain itu, kami juga dengar Pemko Bukittinggi tengah menyiapkan program Sistem Bukittinggi Hebat, yang terintegrasi. Untuk itu, kami ingin juga pelajari ini untuk bisa diadaptasikan di Kota Dumai,” ungkapnya.


Kepala Diskominfo Bukittinggi, Erwin Umar, menjelaskan, sejak beberapa tahun terakhir, Diskominfo Bukittinggi terus berbenah untuk meningkatkan seluruh sistem pemerintahan berbasis elektronik. Saat ini dibangun satu sistem Bukittinggi Hebat, yang merupakan program yang terintegrasi mulai dari kelurahan hingga tingkat kota.


“Sesuai arahan Bapak Wali Kota, saat ini kita tengah buat sistem Bukittinggi Hebat, sistem database yang digunakan untuk mempelajari gerak masyarakat di bidang ekonomi, usia, sosial dan bidang lainnya. Sehingga bisa menjadi data akurat untuk menelurkan program progam kemasyarakatan nantinya. Sistem ini akan terintegrasi dengan setiap SKPD,” jelasnya diamini Kabid Aptika, Rahmad Syah Mulia dan Kabid IKP, Ramon Arisa Putra. 


Disebutkannya pula, setiap kontrak dengan pihak ketiga, dibahas terkait CSR dari perusahaan terkait. Dengan cukup banyak fiber optik (fo), saat ini direncanakan pendirian akses point untuk masyarakat. Sehingga warga nantinya bisa mengakses internet melalui wifi yang disediakan pemko.(*/mn)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update