Notification

×

Indeks Berita


Kampar Pelajari Bukittinggi Kelola BPR

Jumat, 07 Juli 2023 | Juli 07, 2023 WIB Last Updated 2023-07-07T06:55:06Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - Pemerintah Kota Bukittinggi terima kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Kampar. Rombongan diterima Wali Kota diwakili Asisten II Serdako, bersama sejumlah Kepala Bagian, di ruang pertemuan wali kota, Rabu (05/07).


Asisten II Setdakab Kampar, Suhermi, menjelaskan, kunker dilaksanakan dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Sekretariat Daerah Kabupaten Kampar khususnya dalam pengkoordinasian dan pembinaan BUMD. Bagaimana, strategi dan peran Pemerintah Daerah dalam mengoptimalkan kinerja BUMD khususnya terhadap BUMD Lembaga Keuangan/Bank Milik Pemerintah Daerah.


“Jadi ada dua tema yang ingin kami pelajari. Pertama, terkait pengelolaan BUMD khususnya BPR. Kedua, bagaimana Pemko Bukittinggi mengendalikan inflasi,” jelasnya.


Walikota Bukittinggi, melalui Asisten II Setdako, Rismal Hadi, menyampaikan apresiasi atas kunjungan yang dilaksanakan Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kampar, Kepala Bagian Perekonomian beserta 3 (tiga) orang Pejabat Fungsional pada Bagian Perekonomian Setda Kampar. 


Rismal menjelaskan, Bukittinggi punya satu BPR Jam Gadang, yang berdiri 2006 atas inisiasi masyarakat dengan modal Rp500 juga dna dibantu Pemko Bukittinggi Rp250 juta. Tujuannya untuk mengantisipasi rentenir dan membantu perekenomian masyarakat.


“Pada tahun 2021 BPR Jam Gadang resmi dikonversi menjadi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Jam Gadang. Pada tahun 2022, sesuai arahan Bapak Wali Kota Erman Safar, Pemko bersama BPRS Jam Gadang, meluncurkan program Tabungan Utsman. Pembiayaan syariah, tanpa bunga tanpa agunan. Margin yang dihasilkan, dibayarkan pemko dengan APBD Bukittinggi,” ungkapnya.


Program ini, lanjutnya, merupakan terobosan yang luar biasa. Banyak warga terbantu dan terbebas dari jeratan rentenir. Nasabah hanya membayar cicilan pokok pinjaman saja, dengan sistem menabung.

“Alhamdulillah sejak dilaunching Maret 2022 sampai Juni 2023, terdata 3.275 nasabah Tabungan Utsman dengan plafon anggaran hampir Rp25 milyar. Luar biasanya lagi, selama 2022 lalu, terhitung nol kredit macet,” tambahnya.


Sementara, untuk mengendalikan inflasi, Pemko Bukittinggi menggiatkan operasi pasar dan bazar murah, bekerjasama dengan beberapa pihak, seperti Bulog dan lainnya. Selain itu, juga digiatkan menanam tanaman di pekarangan warga dan program tanam bawang.


“Namun demikan, untuk lebih mengendalikan inflasi, kita juga tengah menggodok untuk mendirikan BUMD. Sehinga hasil pertanian dari warga, akan dibeli oleh BUMD dengan harga yang wajar dan dijual lagi dengan harga normal. Ini masih dalam tahapan perencanaan,” jelasnya.(*/mn)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update