Notification

×

Indeks Berita


Pemko Bukittinggi Imbau Warga Waspadai Virus Rabies

Senin, 31 Juli 2023 | Juli 31, 2023 WIB Last Updated 2023-07-31T03:47:35Z
Warga Bukittinggi diminta waspadai virus rabies. Foto. Ist

padanginfo.com-BUKITTINGGI – Pemko Bukittinggi melalui Dinas Komunikasi dan Informasi mengeluarkan himbauan kepada masyarakat terkait kewaspadaan terhadap Rabies, Sabtu (29/7/2023).


Sering dikenal dengan penyakit anjing gila, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus rabies (rhabdovirus) yang menyerang otak dan sistem saraf sehingga jika lambat ditangani dapat berakibat fatal (kematian).



Virus rabies bisa menular melalui air liur, gigitan atau cakaran dan jilatan pada kulit yang luka oleh hewan yang terinfeksi rabies hewan yang beresiko tinggi untuk menularkan rabies umumnya adalah hewan liar atau hewan peliharaan yang tidak mendapatkan vaksin rabies, seperti anjing, kelelawar, kucing dan kera.

Mengalami gejala, otot melemah, kesemutan area gigitan, sakit kepala, demam, mual dan muntah, merasa terancam, kesulitan menelan, produksi air liur berlebih.

Mudah terprovokasi, sensitif, pupil mata membesar, tidak mengenal rasa takut, dan dapat menyerang orang lain, manusia, maupun objek yang bergerak. (*/mn)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update