Notification

×

Indeks Berita


Wako Bukittinggi: Perkuat Barisan Cegah ATM

Rabu, 26 Juli 2023 | Juli 26, 2023 WIB Last Updated 2023-07-26T05:59:34Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - Pemerintah Kota Bukittinggi bersama Adinkes Sumbar, perkuat barisan untuk upaya pencegahan dan pengendalian AIDS, Tuberkulosis dan Malaria (ATM). 


Dalam apat kemitraan di Hotel Royal Denai Bukittinggi, Selasa (25/07), Walikota Bukittinggi, Erman Safar menjelaskan, AIDS, Tuberkulosis, Malaria (ATM) merupakan penyakit berbahaya dan mematikan. Informasi harus disampaikan pada alim ulama, agar sosialisasi pencegahan dan pengendaliannya dapat dilakukan secara intensif. Hal ini pun, harus ditindaklanjuti dengan sosialisasi ke masyarakat.


“Kami ingin setiap kelurahan ada pernyataan sikap, berkoordinasi dengan stakeholder kelurahan, untuk menolak keberadaan aktivitas LGBT dan bentuk maksiat lainnya. Bagi masyarakat yang punya kontrakan, harus buat aturan himbauan dan larangan menyewakan rumah untuk kegiatan maksiat. Pada HUT RI nanti, kita akan sampaikan pernyataan sikap ini bersama sama,” ujar Wako.


Wako mengakui adanya ribuan data HIV di Kota Bukittinggi. Dimana, 30 persennya ber KK Bukittinggi. “Ini yang harus kita antisipasi bersama, bagaimana jumlahnya tidak meluas lagi. Data harus ada di kelurahan,” sebutnya.


Program Koordinator ATM dari Adinkes Sumbar, Yasril, menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kepedulian seluruh pihak untuk mencegah dan mengendalikan ATM sehingga target eliminasi ATM di 2023 bisa tercapai. Rapat kemitraan ini, dilakukan agar semua pihak memiliki komitmen untuk memberantas ATM ini.


Dikatakannya, Indonesia memiliki tantangan yang besar untuk bisa mencapai target ending AIDS pada tahun 2030 yang dikenal dengan istilah The Three zero. Zero new HIV Infection (tidak ditemuan kasus HIV baru), Zero AIDS related death (tidak ada kematian akibat AIDS) dan Zero discrimination (tidak ada discriminasi terhadap penderita HIV/AIDS).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update