Notification

×

Indeks Berita


Wako Bukittinggi: Paskibraka Merupakan Tugas Negara

Jumat, 11 Agustus 2023 | Agustus 11, 2023 WIB Last Updated 2023-08-11T06:26:51Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - Sebanyak 54 Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (capaska) Kota Bukittinggi tahun 2023 masuki latihan tahap II. Mereka memasuki “Desa Bahagia” untuk ikuti tantingan, di Hotel Dymens, Jumat (11/08).


Kepala Dispora Bukittinggi, Nenta Oktavia, yang juga Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Bukittinggi, Nenta Oktavia, didampingi Wakil Ketua, Riki JP, menjelaskan, kegiatan ini merupakan Diklat Tahap 2 bagi calon anggota Paskibraka. Sebelumnya telah dilaksanakan latihan tahap I mulai tanggal 1 hingga 10 Agustus 2023.


“Dalam tantingan ini, Capaska dilatih percaya diri, mencintai bendera, wawasan nusantara dan bagaimana menjadi contoh yang baik bagi teman temannya. Kita juga melatih diri mereka untuk menjadi seorang yang mandiri dan tanggung jawab. Latihan fisik tetap, tapi lebih kepada bagaimana cara mengatasi dan menempatkan diri di lingkungan. Intinya, bagaimana mereka dituntut untuk mandiri, berkarakter, beradab dan berakhlak,” jelasnya.


Walikota Bukittinggi, Erman Safar, saat memimpin apel, menyampaikan, tugas sebagai paskibraka merupakan tugas negara. Ini amanah yang pemerintah berikan kepada calon anggota Paskibraka.


“Menjadi Anggota Paskibraka, merupakan salah satu wujud cinta pada bangsa dan negara. Bagaimana, capaska memiliki loyalitas tinggi untuk mengabdi pada agama, bangsa dan negara, khususnya Kota Bukittinggi, dalam mewujudkan Kota Bukittinggi Hebat berlandaskan Adat Basansi Syara’Syara’ Basandi Kitabullah,” ungkapnya.


Wako menambahkan, sang pusaka merah putih dibuat Ibu Fatmawati. Hanya ada tiga bendera pusaka yang dikibarkan di Indonesia. Pertama, di Jakarta sebagai ibukota negara, kedua Yogyakarta dan ketiga di Kota Bukittinggi, sebagai daerah yang pernah menjadi ibukota negara.


“Ini tentunya tugas berat sekaligus kebanggaan bagi para capaska Kota Bukittinggi, yang berkesempatan untuk mengibarkan bendera pusaka merah putih. Saat pemuda pemudi hidup di era perkembangan

teknologi, para capaska ini, merupakan SDM yang punya dispilin tinggi dan pengetahuan yang lebih. Sukses untuk tugasnya dalam mengibarkan bendera pusaka merah putih pada HUT RI ke-78 nantinya, ” pesannya.(*/mn)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update