Notification

×

Indeks Berita


Pengurus PMI Kota Solok Dilantik di Bukittinggi

Jumat, 24 November 2023 | November 24, 2023 WIB Last Updated 2023-11-23T23:50:51Z
Ketua PMI Sumbar Aristo Munandar melantik Pengurus PMI Kota Solok, Kamis 23 November di Bukittinggi.(Humas PMI SB)

padanginfo.com-BUKITTINGGI- Walikota Solok Zul Elfian Umar mengatakan bahwa dirinya tidak membayangkan kalau di kotanya tidak ada Palang Merah Indonesia (PMI). Tiap tahun ada banjir dan tiap hari ada yang butuh darah.

“Semua memerlukan PMI dan segenap relawannya. Karena itu negara berketetapan bahwa PMI harus dinaungi dengan sebuah undang-undang khusus kepalangmerahan yakni UU No 1  tahun 2018,” kata Walikota Solok pada pelantikan Pengurus PMI Kota Solok periode 2023-2028  di Hotel Balcone, Bukittinggi, Kamis 23November 2023.

Menurut Zul Elfian, kehairan PMI di Solok sudah lama dirasakan. Kini, kata dia, hampir tiap hari warga Solok harus mendatangi markas PMI terutama Unit Donor Darahnya.

 Kebutuhan darah di berbagai rumah sakit di Kota Solok dari tahun ke tahun semakin meningkat. Peran menyediakan, menghimpun para pendonor selama ini dilakoni oleh PMI.

 Pemerintah Kota Solok sangat merasakan bantuan tersebut, sebab tidak akan tercover tugas-tugas kemanusiaan seperti itu oleh aparatur pemerintah yang bekerja di Pemko Solok. 

"PMI sebagaimana diamanatkan undang-undang lah mengambil peran itu,” ujar Zul Elfian.

Ketua PMI Sumatera Barat Aristo Munandar  mengatakan tugas kemanusiaan yang ada di PMI tidak saja donor darah tapi banyak, termasuk penanggulangan bencana baik saat bencana apalagi pascabencana. 

“Penanganan masalah kemanusiaan di daeah konflik, korban perang seperti di Palestina misalnya juga menjadi tugas Palang Merah dalam hal ini PMI berada dalam jaringan Palang Merah Internasional  (ICRC) dan Bulan Sabit Merah Internasional,” kata  Aristo Munandar.

Kepengurusan PMI Kota Solok periode 2023-2028  diketuai oleh Ketua, Yutris Chan,  Sekretaris Oktovianus dan Bendahara Tetti Eka Dharma. Di posisi wakil ketua ada 8 orang  yakni,  Efriyon Coneng, Rusdi Saleh, Hidayaturrahmi, Nasrul In Dt. Malintang Sutan, Andi MArdianto, Aldo Hendriko Putra dan Riano Oskar. 

Kepengurusan juga diperkuat dengan empat orang anggota; Jefry Fernando, Desi Marlina, Patrisia Juwita dan Wahyu Haryadi.

Sementara di Dewan Kehormatan ada Hj. Nurnisma sebagai Ketua lalu Herman, Riko Fernando dan Yusnef Feroza.

Acara pelantikan itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua Bidang Humas PMI Sumbar Eko Yanche Edrie dan sejumlah Ketua PMI Kabupaten Kota seperti Bukititnggi, Kabupaten Solok, Tanah Datar dan Pasaman. Selain acara pengukuhan itu, PMI Kota Solok juga melaksanakan orientasi kepalangmerahan hingga Sabtu. (rel PMI SB).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update