Notification

×

Indeks Berita

4.876 KK Bukittinggi Terima Cadangan Pangan

Kamis, 01 Februari 2024 | Februari 01, 2024 WIB Last Updated 2024-03-25T06:23:10Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI — Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pertanian dan Pangan, salurkan cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan tahun 2024.


Bantuan disalurkan secara bertahap melalui PT Pos Indonesia dan diserahkan simbolis, Selasa (30/01).


Walikota Bukittinggi, Erman Safar, melalui Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Hendry, menjelaskan, pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi karena merupakan sumber energi untuk mempertahankan hidup. Akses untuk memperoleh pangan merupakan hak asasi manusia dan kebijakan pangan, menjadi isu sentral dalam pembangunan.


Disebutkannya, penyaluran cadangan pangan pemerintah dalam bentuk pemberian bantuan pangan ini, dilaksanakan dalam rangka antisipasi, mitigasi dan atau pelaksanaan penanggulangan kekurangan pangan yang dapat berdampak pada terjadinya krisis pangan dan gizi, pengendalian inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga. 


"Kami berharap, keluarga penerima manfaat dapat merasakan kemudahan baik dari segi keterjangkauan fisik maupun ekonomi,” ungkapnya.


Hendry, memaparkan, jumlah penerima manfaat untuk kota Bukittinggi tahun 2024 ini sebanyak 4.876 KK, berdasarkan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE) yang bersumber dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI. Masing-masing KK mendapatkan beras sebanyak 10 kg mulai bulan Januari sampai Juni 2024.


“Jadi setiap bulannya, para penerima mendapatkan bantuan beras 10 kg hingga bulan Juni mendatang,” jelasnya.


Dari 4.876 KK itu, terdiri dari 943 KK di Aur Birugo Tigo Baleh, 1.916 di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan dan 2.017 di Kecamatan Guguak Panjang.(*/mn)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update