Notification

×

Indeks Berita


Dinas Koperasi Bukittinggi Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM

Kamis, 13 Juni 2024 | Juni 13, 2024 WIB Last Updated 2024-06-15T03:03:37Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI – Meningkatkan kemampuan dan pengetahuan pelaku UMKM di Kota Bukittinggi, Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kota  Bukittinggi laksanakan Pelatihan Digitalisasi Marketing.


Berlangsung di Hotel Pusako Bukittinggi pada 13-15 Juni 2024, kegiatan dibuka oleh Sekda Kota Bukittinggi, Martias Wanto.


Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 45 pelaku UMKM se-Kota Bukittinggi yang sedang diuji dengan konsep E-Commerce dan digital marketing.


Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kota Bukittinggi, Mihandrik, menyebutkan, saat ini strategi pemasaran produk harus bertransformasi dari sistem konvensional menuju digital agar lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan pemasaran berbasis teknologi digital untuk mengembangkan usahanya.


Tantangan UMKM saat ini adalah untuk merangkul teknologi dalam rangka meningkatkan pemasaran dan kualitas produksi merekan,' sebut Mihandrik.


Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bukittinggi, Ferdian, juga menekankan pentingnya perubahan mindset dan cara berpikir para pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas produksi.


“Dulu, kita lebih percaya dengan menjalankan usaha sendiri, namun saat ini semuanya harus dibagi dan berkolaborasi dengan pelaku usaha lainnya,” ujarnya. 


Menurut Ferdian, kendala utama selama ini adalah mindset dan mental yang harus diperbaiki. Dengan perbaikan ini, diharapkan akan ada hasil yang lebih positif dan besar di masa depan.


Mewakili Wali Kota Bukittinggi, Martias Wanto menyebutkan pelatihan ini merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM tentang pemasaran berbasis teknologi digital.


Diingatkannya jajaran dinas terkait mesti memberikan dorongan dan semangat kepada peserta pelatihan untuk memanfaatkan kesempatan ini guna menciptakan peluang segmentasi pasar yang lebih luas. 


"Meskipun ada risiko dalam persaingan usaha, namun manfaatnya adalah membuka peluang pemasaran yang menjangkau pasar lokal, nasional, bahkan ekspor," katanya.


Martian mengharapkan pelatihan ini dapat menjadi langkah awal bagi pelaku UMKM di  Bukittinggi untuk lebih kompetitif di era digital, meningkatkan kualitas produksi, serta memperluas jaringan pasar.(*/mn)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update