Notification

×

Iklan

Iklan


Wako Bukittinggi: Generasi Muda Harus Berkarakter

Minggu, 16 Juni 2024 | 6/16/2024 WIB Last Updated 2024-09-09T01:01:15Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB), melakukan pemilihan Duta GenRe tahun 2024. 


Kepala DP3APPKB Bukittinggi, Nauli Handayani, menjelaskan, program GenRe merupakan program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dengan mengajarkan remaja untuk mejauhi pernikahan di bawah umur, penyimpangan seksual dan napza guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.


“Jumlah PIK Remaja Kota Bukittinggi saat ini tercatat sebanyak kurang 23 kelompok. 3 kelompok PIK Remaja jalur masyarakat dan 20 PIK R jalur sekolah. Kelompok PIK Remaja ini diharapkan menjadi wadah bagi mereka untuk berkumpul, berbagi cerita, berkreatifitas dan saling bertukar informasi,” jelasnya ketika grand final dilaksanakan di Stasiun Lambuang, Sabtu (15/06).


Pemilihan Duta GenRe 2024, diikuti oleh 72 peserta. Setelah seleksi administrasi, dijaring 63 peserta yang memenuhi syarat. Kemudian mereka yang lulus ikuti tes tulis pada tanggal 3 Februari 2024 dan menyisakan 43 peserta, untuk selanjutnya mengikuti tes psikotes dan wawancara tanggal 20 Februari 2024 dan menyisakan 20 orang yang menjadi finalis.


BKKN Provinsi Sumatra Barat yang diwakili Ketua Tim Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting, David Arga, mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Bapak Walikota Erman Safar dan Pemerintah Kota Bukittinggi yang telah memberikan dukungan serta support terhadap program Generasi Berencana ini.


Program Generasi Berencana ini dirancang oleh BKKBN guna menciptakan generasi yang berkualitas. "Bagi para finalis yang terpilih malam ini akan menjadi komando dalam kepemimpinan di masa yang akan datang," ujarnya.


Disebutkannya, dewasa ini para remaja dihadapkan dengan masalah-masalah seperti pergaulan bebas atau narkoba. "Jika mereka bisa melewati masalah itu secara otomatis akan terbentuk untuk menjadi calon pemimpin masa depan,” tambahnya.


Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, kegiatan duta GenRe ini merupakan kegiatan yang sangat tepat, karena dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan perilaku yang positif serta berintegritas dalam pengembangan diri generasi muda yang menjadi generasi yang berkarakter di kalangan kampus, sekolah maupun masyarakat.


“Kami berharap dengan terbentuknya duta Genre Kota Bukittinggi ini nantinya bisa menjadi motivator untuk menjalani kehidupan remaja yang jauh dari perilaku negatif seperti sex bebas, LGBT pernikahan dini dan ketergantungan pada obat-obatan terlarang atau narkoba serta menjauhkan diri dari bahaya AIDS sehingga nantinya mampu menciptakan generasi emas yang secara tidak langsung dapat menekan kasus stunting,” tuturnya.


Julien Felipe Simbolon dari SMAN 5 Bukittinggi menjadi juara 1 Duta GenRe Putra Bukittinggi 2024. Tania Aulia Divani dari Kemenkes Padang , menjadi Juara 1 putri Duta GenRe Putri Bukittinggi 2024.


Sedangkan juara 2, putra Nabil Putra Ramadhan dari SMAN 4. Juara 2 putra Zuleykha Qolby Lubis dari SMAN 4. Juara 3 Muhammad Reva Aditya dari SMAN 5 dan Juara 3 putri Ara Rahmadhatul Fadhila dari SMAN 1.(*/mn)

×
Berita Terbaru Update