Notification

×

Indeks Berita


Muharram Bulan Istimewa para Nabi

Selasa, 09 Juli 2024 | Juli 09, 2024 WIB Last Updated 2024-07-09T12:26:33Z
Ustad Jelita Donal saat tampil Tabligh Akbar pada semarak Muharram 1446 H di Masjid Agung Kota Solok, Senin kemarin


Oleh Ustad Jelita Donal
Calon Anggota DPD RI Dapil Sumbar

padanginfo.com-Muharram adalah bulan yang sangat istimewa dalam sejarah para nabi, karena di dalamnya terdapat berbagai peristiwa penting yang menjadi bukti kebesaran dan rahmat Allah SWT. Beberapa peristiwa tersebut adalah sebagai berikut: 

Nabi Adam AS: Di bulan Muharram, Allah SWT menciptakan Nabi Adam AS dan istrinya, Hawa. Selain itu, Allah juga mengampuni dosa Nabi Adam setelah memakan buah Khuldi yang dilarang oleh-Nya. 

Nabi Idris AS: Di bulan ini, Allah SWT mengangkat derajat Nabi Idris AS, menunjukkan kemuliaan dan keutamaan beliau di hadapan-Nya. 

Nabi Nuh AS: Pada bulan Muharram, Nabi Nuh AS diselamatkan dari bencana banjir besar yang melanda umatnya, sebagai bentuk kasih sayang Allah SWT terhadap hamba-Nya yang taat. 

Nabi Ibrahim AS: Nabi Ibrahim AS diselamatkan dari kobaran api yang hampir merenggut nyawanya, menunjukkan kuasa Allah dalam melindungi nabi-Nya di bulan Muharram. 

Nabi Yusuf AS: Di bulan ini, Nabi Yusuf AS dibebaskan dari penjara setelah difitnah oleh istri Al-Aziz, majikannya, menandakan keadilan Allah SWT terhadap hamba yang sabar dan beriman. 

Nabi Yaqub AS: Pada bulan Muharram, Nabi Yaqub AS bisa melihat kembali setelah mengalami kebutaan dan kesedihan mendalam akibat kehilangan putranya, Nabi Yusuf AS. Hal ini diabadikan dalam Al-Qur’an Surat Yusuf ayat 76. 

Nabi Ayyub AS: Di bulan Muharram, Nabi Ayyub AS diberikan kesembuhan oleh Allah SWT dari penyakit kulit yang parah, menunjukkan rahmat dan kasih sayang Allah kepada hamba-Nya yang sabar dan teguh dalam iman. 

Nabi Musa AS: Di bulan ini, Nabi Musa AS diselamatkan dari kejaran Fir’aun pada tanggal 10 Muharram. Selain itu, kitab Taurat diturunkan dan Fir’aun beserta tentaranya tenggelam di Laut Merah pada bulan ini. 

Nabi Yunus AS: Pada bulan Muharram, Nabi Yunus AS berhasil keluar dari perut ikan setelah bertahan selama 40 hari, menunjukkan kuasa Allah dalam menyelamatkan hamba-Nya yang bertobat. 

Nabi Muhammad SAW: Peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah juga terjadi pada bulan Muharram, menandai awal baru bagi penyebaran Islam dan pembentukan masyarakat Islam yang lebih kuat.

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update