Notification

×

Indeks Berita

Febby Datuk Bangso : Potensi Ekonomi Nagari Panampuang Jadi Target Produk Unggulan Desa

Selasa, 15 Januari 2019 | Januari 15, 2019 WIB Last Updated 2019-01-15T08:12:39Z
AGAM- PadangInfo.Com -   Staf Ahli Kemendes PDTT Haji Febby, sapaan akrab H. Febby Datuk Bangso mengatakan,  potensi ekonomi lokal yang dimiliki   Nagari Panampuang harus dijelaskan ke publik dan dijadikan sebagai  target  produk unggulan desa, yang dikelola oleh BUMDesa/BUMNag Panampuang.

“Tahun anggaran ini, kita akan  fokus dan berupaya memperbanyak porsi kegiatan pemberdayaan dan pembangunan sesuai  Prioritas Arah Kebijakan penggunaan Dana Desa,” kata tokoh muda asal Sumatera Barat tersebut dalam silaturahim dengan masyarakat di Nagari Panampuang, Kabupaten Agam, baru-baru ini

Desa-desa yang berpotensi menjadi Desa Mandiri, terlebih dahulu diarahkan dan dikelola   dalam program Desa Model
Nagari Panampuang memanfaatkan dana desa sejak 2015. Saat ini berada di posisi  7 dari 15 Besar sebagai Desa Model  di Indonesia. Satu-satunya di Sumatera Barat. Capaian tersebut didasarkan pada  kajian tim penilai dan Verifikasi Desa Model Kementerian Desa PDTT.
Aspek yang menjadikan capaian tersebut terkait dengan  nilai pembangunan, ketepatan penggunaan dana desa, transparansi, tata kelola pemerintahan, partisipasi masyarakat serta  pemberdayaan masyarakat yang tinggi

Menurut Zulhendra, S.HI, Wali Nagari Panampuang, Kecamatan Ampek Angkek, Agam, saat ini nagarinya ingin menjadi  Nagari Madani, Mandiri dalam Kebersamaan.
“Kami ingin nagari ini bisa menjadi nagari model, atau desa model,” katanya.

Ia menyebutkan, potensi untuk menjadi nagari (desa) model, tidaklah berlebihan.  Industri Kreatif yang ditargetkan  menjadi Prukades atau Produk Unggulan Desa terus berkembang.  Industri kreatif diantaranya  Usaha Makanan Pangan Lokal, Sulaman, Industri Ukiran Perabot.
Usaha  pengembangan produk lokal, khususnya sulaman tradisional di Nagari Panampuang, pernah mendapatkan bantuan berupa  Program  Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL).

Sulaman tradisional akan jadi ikon nagari. Produk Unggulan Desa  ini dikelola  Badan Usaha Milik (BUM) Nagari Panampuang.  Hampir tiap rumah tangga  di Nagari Panampuang bergerak mengelola sulaman.  Potensi ini diharapkan  meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat nagari. Pendapatannya sekaligus menjadi  sumber pendapatan nagari.(mp)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update