Notification

×

Indeks Berita

Wartawan Sawahlunto Saksikan Kecanggihan Teknologi Kominfo Pekanbaru

Minggu, 03 November 2019 | November 03, 2019 WIB Last Updated 2019-11-03T12:09:16Z
Asisten 1 Pemko Sawahlunto, Kadis Kominfosantik Pekanbaru dan Ketua PWI Sawahlunto Indra Yosef saat memaparkan kecanggihan teknologi IT yang dimiliki  pemko Pekanbaru (ris) 
PEKANBARU-padanginfo.com- Sebanyak 42 wartawan  yang bermarkas dilingkungan pemko Sawahlunto dan staf humas  melakukan perjalanan studi jurnalistik  ke pemko Pekanbaru, Riau. Rombongan  dipimpin  Asisten I Pemko Sawahlunto, Efrianto mengunjungi Pemerintah Kota Pekanbaru. Rpmbongan juga melakukan kunjungan ke Kominfo setempat. Jurnalis sawahlunto kagum menyaksikan kecanggihan alat teknologi atau perangakt IT di runag kantor tersebut.

Kedatangan rombongan disambut Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Kominfosantik) Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra MT dan jajaran. Pertemuan dilakukan di ruang Command Center Pemko Pekanbaru, Kamis (31/10/2019).

 "Kunjungan ini dalam rangka studi Jurnalistik, wartawan  Sawahlunto yang belajar tentang konsep Kota Pekanbaru yang menerapkan visi Smart City Madani. Semoga kunjungan yang didapatkan ini bisa diterapkan di Sawahlunto," ungkap Asisten I , Efrianto.

Efrianto mengapresiasi pencapaian yang telah dilakukan Pemko Pekanbaru dalam menata kota berbasis Informasi Teknologi (IT), terlebih dengan keberadaan command center yang dinilainya patut jadi role model percontohan bagi daerah lainnya di Sumatera dan di beberapa daerah lainnya di Indonesia, khususnya Kota Sawahlunto.

 "Luar biasa konsep Pekanbaru Smart City dengan trilogi pembangunan yang disupport oleh dinas Kominfo Pekanbaru. Dimana kami harus banyak belajar tentang bagaimana cara membangun kota yang lebih baik. Dan kami rasa ini patut jadi percontohan," sebut Efrianro.


Melihat kecanggihan teknologi di ruang Kominfo Kota Pekanbaru, puluhan mata terpukau saat memasuki ruangan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru Hermasyah Eka Putra beserta jajaran menyambut hangat puluhan wartawan Sawahlunto yang didampingi oleh Asisten Efrianto Asisten I Setdako Sawahlunto dan humas.

 Hermasyah Eka Putra menyampaikan tentang Kota Pekanbaru yang berkonsep Kota Smart City. Pada prinsipnya Smart City adalah pemerintahan yang dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cerdas dan maksimal berdasarkan Big Data yang dikelola oleh Command Center sebagai bagian integral Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Kominfosantik)

"Semua Data yang ada di Kota Pekanbaru, satu sama lainnya terhubung dengan Kominfo, mulai dari sekolah, jumlah penduduk bahkan tamu dari luar daerahpun dapat terlacak dalam waktu 1X24 jam", imbuhnya.

Lebih jauh Hermansyah Eka Putra menjelaskan. "Dalam Rakor antara Walikota dengan seluruh Kepala OPD yang selalu diadakan diruangan Command Center ini, Walikota akan mendapatkan data valid secara detail dan rinci walaupun Kepala OPD yang bersangkutan tidak berada di tempat.Sehingga Walikota dapat mengambil keputusan yang cepat dan tepat pada saat itu juga." pungkas Hermansyah.

Pada akhir acara masing - masing pihak saling bertukar cindera mata sebagsi ungkapan tanda terimakasih atas pelayanan yang diberikan jajaran Kominfosantik Kota Pekanbaru. (Ris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update