Notification

×

Indeks Berita

Mahyeldi: Kontribusi Notaris Terhadap PNBP di Sumbar Tinggi

Minggu, 20 Februari 2022 | Februari 20, 2022 WIB Last Updated 2022-02-20T00:07:28Z

padanginfo.com-PADANG-Gubernur Sumatera Barat,  Mahyeldi menyebut,  kontribusi  notaris di Sumbar terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)  setiap tahun cukup besar.  Yakni mencapai Rp8 miliar. 

"Ini artinya,  peran notaris dalam kegiatan pencatatan hukum dinilai penting oleh masyarakat," kata Mahyeldi ketika membuka  Seminar Nasional Kenotariatan denfan tajuk "Politik Pembangunan Hukum Kenotariatan di Indonesia," di   Padang, I  Sabtu 19 Februari 2022

Seminar yang dihelat oleh pengurus pusat dan pengurus wilayah Sumbar, Ikatan Notaris Indonesia (INI)  menghadirkan narasumber diantaranya Hakim Mahkamah Konstitusi Prof. Dr. Saldi Isra, serta Pimpinan Pusat Studi Hukum Agraria dan Adat Universitas Andalas, Prof. Dr. Kurniawarman.

Gubernur menyambut baik seminar nasional yang diikuti oleh para notaris dan calon notaris se Sumbar. 

Seminar ini menurut Mahyeldi banyak manfaatnya untuk  menambah wawasan dan pengetahuan para notaris.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sumbar saya mengucapkan apresiasi kepada  Pengurus Pusat INI dengan dipilihnya Sumbar dalam pelaksanaan seminar. Para peserta diharapkan bisa menggali berbagai hal dari narasumber sehingga tugas para notaris di sumbar bisa lebih baik lagi," ujar gubernur.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar, R. Andika Dwi Prasetya mengajak para peserta seminar agar terus berkiprah dengan tetap waspada, teliti dan menampilkan performa terbaik dalam profesinya sehingga bisa berperan dalam penegakkan hukum.

Sementara itu, Sekretaris Umum INI Pusat, Firdaus, menyebut Sumbar menjadi pilihan dari sekian banyak daerah yang mengajukan lokasi seminar. Oleh sebab itu, Firdaus berharap para peserta tidak mensia-siakan kesempatan ini dan bersemangat dalam menimba ilmu untuk bisa diterapkan dalam kegiatan sehari-hari.

"Keahlian ini jadi syarat mutlak menjalankan tugas seorang notaris sebagai elemen penting dalam pembangunan bangsa, harus bersifat humanis,"  kata Firdaus.

Demikian Siaran Pers Dinas Kominfotik Sumbar. (in

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update