Notification

×

Indeks Berita

Wagub Audy Dorong Produktivitas Bank Sampah Alai Indah di Pasaman

Rabu, 16 Februari 2022 | Februari 16, 2022 WIB Last Updated 2022-02-15T22:54:25Z

 

Wagub Audy bersama pengelola bank sampah Alai Indah Pasaman

Padanginfo.comPasaman-
Wakil Gubernur, Audy Joinaldy mengatakan permasalahan sampah pada umumnya serupa di seluruh Indonesia. Diantaranya kapasitas Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) yang hampir penuh, serta pembuangan sampah yang dicampur aduk.  Karena itu  bank sampah adalah solusi, karena mampu memilah, serta memproduksi hasil olahan yang bisa digunakan kembali, seperti magot untuk pakan ternak, maupun pupuk cair organic.

 

Demikian disampaikan  Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy ketika mengunjungi Bank Sampah Alai Indah, di Tanjung Alai, Nagari Pauh, Kabupaten Pasaman.

 

Didampingi Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS Wagub Audy melihat  pengolahan sampah sederhana hasil swadaya masyarakat Tanjung Alai, Nagari Pauh, Pasaman, Selasa 15 Februari 2022.

 

Bank Sampah Alai Indah ini merupakan salah satu hasil binaan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasaman  yang tidak hanya melakukan pengolahan sampah tetapi juga cukup aktif dalam kegiatan sosial. Mulai dari memproduksi pupuk organik cair, eco enzim, serta pengumpulan dan penyaluran kembali pakaian bekas layak pakai bagi siswa sekolah kurang mampu dilakukan disini.

 

Untuk  meningkatkan produktivitas turunan dari bank-bank sampah, Audy menjelaskan bahwa bank sampah juga dapat membentuk kelompok dan mengajukan permohonan bantuan pada Pemprov Sumbar.

 

"Asal prosedurnya sesuai aturan, pemerintah pasti berusaha membantu, meski tentu disesuaikan juga dengan kemampuan yang kita miliki saat ini," sambungnya.

 

Pengelola  Bank Sampah Alai Indah, Bu Mun, menyampaikan terimakasih atas perhatian pemerintah daerah terhadap pengelolaan sampah dan lingkungan.

 

"Kami berterimakasih atas perhatian dan kunjungan pemerintah terhadap pengelolaan sampah. Kami memang memiliki beberapa kebutuhan yang cukup mendesak seperti, becak motor untuk angkut sampah dan renovasi rumah produksi sampah. Sesuai arahan Pak Wagub, kami akan sampaikan proposal, mudah-mudahan dapat memperoleh bantuan dari pemerintah" ujarnya.


Demikian Siaran Pers yang disampaikan Diskominfotik Sumbar. (in).

 

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update