Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Forum Anak Kota Padang: Jadikan Masjid sebagai Ramah Anak

Selasa, 28 Juni 2022 | Juni 28, 2022 WIB Last Updated 2022-06-28T00:47:32Z
Forum Anak Kota Padang ketika melakukan sosialisasi Mesjid Ramah Anak di Kelurahan Ampang




padanginfo.com- PADANG- Dinas P3AP2KB (Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) Kota Padang terus mendorong, agar masjid yang ada di kota ini dapat dijadikan sebagai Masjid Ramah Anak, yaitu masjid yang menjadi basis pembinaan karakter, pendidikan dan keterampilan anak-anak di lingkungannya. Paling tidak, di satu kecamatan ada Mesjid Ramah Anak sebagai percontohan.

Dalam upaya mewujudkan Masjid Ramah Anak ini, Dinas P3AP2KB bersama Forum Anak Kota Padang aktif mengunjungi masjid-masjid yang ada. Hari Senin (27/6/2022) kunjungan lapangan dilakukan ke Mesjid Raya Ampang, Kelurahan Ampang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, yang diterima oleh Lurah Ampang Eva Yenita, SKM., Ketua RT dan puluhan anak-anak.

Dalam pertemuan ini, Forum Anak Kota Padang mensosialisasikan apa dan bagaimana serta bentuk aktifitas Masjid Ramah Anak. Kemudian juga sekaligus kampanye anti kekerasan dan anti bullying kepada lebih kurang 50 anak yang berada di Kelurahan Ampang, terutama yang tinggal di sekitar Masjid Raya Ampang.

"Kami ingin mengajak anak-anak untuk senang berada di lingkungan masjid, baik itu belajar, bermain dan mendapatkan keterampilan. Intinya bagaimana anak-anak mencintai masjid," kata Ketua Forum Anak Kota Padang Mifta Sabrina.

Jika anak-anak sudah menghabiskan waktunya di masjid tentunya akan mengurangi aktifitas anak yang tidak bermanfaat seperti asik bermain game, ngebut-ngebutan di jalan raya, tawuran yang mencemaskan orang tua dan hura ria tidak menentu.

Melalui Masjid Ramah Anak nantinya akan disusun program kegiatan, yang diisi dengan nara sumber dari Dinas P3AP2KB dan OPD lain yang dibutuhkan. "Melalui Dinas P3AP2KB kita juga akan meminta Dewan Mesjid Indonesia Kota Padang Bapak Maigus Nasir dan Bapak Wanda Leksmana dari Ruang Anak Dunia serta OPD lainnya," kata Kabid Pemenuhan Hak Anak (PHA) Dinas P3AP2KB Kota Padang W. Teinike Yulvera, SS.MM.

Kegiatan sosialisasi ini makin seru karena juga dihadiri oleh orang tua, yang ikut mendampingi anak-anak mereka. Karena keberhasilan Masjid Ramah Anak sangat ditentukan oleh pengurus mesjid, orang tua dan tentu saja anak-anak itu sendiri.

Pada kunjungan lapangan ke Mesjid Raya Ampang ini hadir langsung Kepala Bidang PHA DP3AP2KB W.Teinike Yulvera. SS, MM., Kasi Lingkungan Keluarga Pengasuhan Alternatif Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya Emilza, SSTP, M.I.Kom., dan Pengurus Forum Anak Kota Padang yang dihadiri Ketuanya Mifta Sabrina dan fasilitator Forum Anak Kota Padang Afdil dan Akbil. (ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update