Notification

×

Indeks Berita

Prabowo Menolak Dicawapreskan dengan Ganjar Pranowo

Sabtu, 22 April 2023 | April 22, 2023 WIB Last Updated 2023-04-22T12:36:59Z
Presiden Jokowi dan keluarga menerima Ketua Umum Partai Gerindra di Solo, I Sabtu 22 April 2023.

padanginfo.com-JAKARTA
-Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menolak dipasangkan menjadi calon Wakil Presiden dari Calon Presiden (capres)  PDIP,  Ganjar Pranowo. 

"Tidak.. Partai saya sekarang sudah agak kuat, " kata Prabowo menjawab wartawan usai bersilahturahmi dengan Presiden Joko Widodo di kediaman pribadi Jokowi di Solo, Sabtu siang 22 April 2023.

Prabowo mengatakan,  dirinya menyambut baik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden PDIP. Dia menyebut, dirinya juga dicalonkan oleh partainya sebagai Capres. 

Sebelumnya,  Presiden Jokowi menyebut sejumlah nama yang cocok sebagai pendamping Ganjar.  Di antaranya Erick Tohir,  Mahfud MD, Sandiaga Uno,  Muhaimin Iskandar,  Airlangga Hartarto dan terakhir Prabowo. 

Prabowo menyebutkan,  meski sebagai peringkat kedua pada Pemilu 2019, di bawah PDIP,  Partai Gerindra kini intens melakukan lobby untuk mencapai Parlement Treashold 20 persen,  sebagai syarat pencalonan Presiden. 

Perolehan suara Partai Gerindra mencapai 17,59 persen di Pemilu 2019 lalu. Meski menduduki peringkat kedua setelah PDIP (27 persen), Gerindra belum lolos dari presidential threshold 20 persen. 


Gerindra harus menggandeng partai lain jika ingin mencalonkan Prabowo menjadi capres di Pemilu 2024.


Gerindra sejauh ini intens menjalani penjajakan koalisi dengan PKB di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Penjajakan juga dilakukan  dengan  PAN, Golkar, dan PPP. (in) 





Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update