Notification

×

Indeks Berita


Desa Wisata Lawang Agam dan Desa Muntei Mentawai Terbaik se Indonesia

Senin, 28 Agustus 2023 | Agustus 28, 2023 WIB Last Updated 2023-08-28T04:16:30Z
Penghargaan ADWI 2023 di Taman Mini Indonesia Indah, Minggu malam 27 Agustus 2023. (Foto: Tangkapan Layar youtube Kemenparekraf)

padanginfo.com-PADANG- Sebanyak lima desa wisata di Sumbar meraih penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Dua desa meraih juara satu, tiga desa meraih harapan dalam kategori yang berbeda.

Anugerah ADWI  digelar Minggu malam (27/8/2023) di Gedung Sasono Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Dua desa wisata yang meraih juara 1, yakni Desa Wisata Lawang di Kabupaten Agam kategori home stay/ toilet umum terbaik dan  Desa Wisata Muntei di Kabupaten Kepulauan Mentawai kategori daya tarik. 

Selanjutnya, desa wisata lainnya yang mendapat penghargaan ADWI adalah Desa Wisata Kampung Adat di Kabupaten Sijunjung. Desa wisata kampung adat ini juga meraih rekor Museum Record Indonesia (MURI) kategori rumah gadang berjejer.

Penghargaan MURI juga diterima oleh desa wisata Muntai untuk tato tertua.

Selain desa wisata yang memperoleh juara satu masing-masing kategori, desa wisata  di Sumbar lainnya yang meraih juara harapan adalah  desa  Wisata Lubuak Nyarai di Kabupaten Padang Pariaman kategori daya tarik pengunjung dan Desa Wisata Kubu Gadang di Kota Padang Panjang  kategori  desa wisata maju. 

Ketua Tim  Pemberdayaan dan Pengembangan Desa Wisata (TP2 DEWI) Sumbar M Zuhrizul mengatakan,  Sumbar berhasil meloloskan 40 desa wisata sebagai nominator untuk berbagai kategori. Jumlah ini sama banyaknya dengan yang diloloskan Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Gorontalo.

"Alhamdulillah Sumbar bisa menyabet 5 penghargaan dari 8 kategori yang diperlombakan," kata Zuhrizul.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianta berharap, semakin banyak desa wisata di Sumbar yang mendapat penghargaan,  semakin meningkat semangat kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dalam membangun dan mengembangkan pariwisata di desanya masing-masing. 

"Untuk itu Dinas Pariwisata Sumbar terus mengapresiasi agar desa wisata semakin maju dan bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat (*/in).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update