Notification

×

Indeks Berita

Helma Tuti: Guru RA Jangan Minder Mengajarkan Bahasa Inggris Kepada Anak Usia Dini

Sabtu, 20 Januari 2024 | Januari 20, 2024 WIB Last Updated 2024-01-20T15:25:03Z
Pelatihan Nasional. Helma Tuti,SS (kiri) bersama Ketua IGRA Kota Binjai Hj.Nurdiana Piliang  S.Ag,S.Pd.I,MM (kanan)  memotivasi guru-guru IGRA se Kota Binjai dalam bentuk nyanyian dan permainan  Ice Breaking. ,(Foto: Indra Sakti Nauli).

padanginfo.com-BINJAI
-  Helma Tuti, SS,  instruktur pengajaran bahasa Inggris untuk anak mengatakan, guru sekolah anak usia dini seperti sekolah  Raudathul Athfal (RA), TK dan PAUD tidak boleh minder dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada anak dengan alasan takut salah.

"Pengajaran bahasa Inggris kepada anak tidak sama dengan pengajaran bahasa Inggris di sekolah dasar atau sekolah menengah. Pengajaran bahasa Inggris kepada anak usia dini, lebih menekankan kepada pengenalan kosa kata dan pembiasaan yang diucapkan sehari-hari, bukan structure," jelas Helma Tuti kepada 200 orang guru dan kepala sekolah  yang tergabung dalam Kelompok Kerja RA dan Ikatan Guru RA se Kota Binjai, Jumat  19/1/24 di Aula Aljauhariyah, kota Binjai.

Acara pelatihan pengajaran bahasa Inggris untuk anak ini diawali dengan keynote speaker  oleh Prof. Irwan Prayitno, M.Psi.

Dikatakan Helma Tuti, yang membuat minder guru-guru sekolah anak usia dini, termasuk RA, adalah takut salah. Takut salah karena pengetahuan bahasa Inggris yang standar. Tidak ada pendalaman. Karena di sekolah umum atau di kuliah, pelajaran bahasa Inggris hanya menjadi pelajaran dasar umum.

"Padahal, pengenalan bahasa Inggris untuk anak usia dini  perlu diajarkan. Setidaknya menjelaskan nama-nama benda atau ujaran dalam kosa kata Inggris," jelas Helma Tuti yang juga Ketua Yayasan Assyifa Urrahmah, pengelola TK.Islam Smart Padang.

Selain memberi motivasi, Helma Tuti juga memberi model nyanyian dan  permainan ice breaking dalam bentuk game-game yang menarik kepada peserta.  Tujuannya adalah untuk mencairkan suasana di kelas kelak, agar anak tidak bosan dalam belajar


Ketua KKRA/ IGRA Kota Binjai Hj. Nurdiana Piliang, S.Ag, SPd.i,MM mengatakan, Pelatihan Nasional Bahasa Inggris dan Ice Breaking Anak Usia Dini dengan instruktur Helma Tuti, SS dimaksudkan untuk menambah wawasan guru-guru IGRA dalam memberi pengajaran kepada anak-anak di sekolah masing-masing.

Nurdiana berharap pelatihan ini memberi manfaat, tidak saja dalam bentuk bekal materi pengajaran, tapi juga memberi warna dalam membangun semangat belajar anak usia dini. (in).





Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update