Notification

×

Indeks Berita

Sambut Ramadhan, Pemko Sawahlunto LakukanGerakan Pangan Murah

Sabtu, 09 Maret 2024 | Maret 09, 2024 WIB Last Updated 2024-03-09T06:53:26Z
Penjabat (Pj) Walikota Sawahlunto,Dr.Zefnihan.AP.M.Si. membuka gerakan pangan murah





padanginfo.com-Sawahlunto - Menyikapi tingginya harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) di pasar tradisional, Pemerintah Kota Sawahlunto melalui Dinas Ketahanan Pangan,Pertanian dan Perikanan (DKP3) ,Koperindag, OPD terkait bersama Perum BULOG Cabang Solok,Produsen Sembako, BUMN/BUMD dan Perbankan menyelenggarakan Kegiatan Gerakan Pangan Murah Tahun 2024 dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan terutama menjelang Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah/2024 Masehi, di Lapangan Bola Volly Desa Sikalang,Kecamatan Talawi Sawahlunto, Jumat (8/3/2024).

Gerakan Pangan Murah ini untuk membantu warga memperoleh kebutuhan pokok masyarakat dengan harga terjangkau,dibuka secara resmi Penjabat (Pj) Walikota Sawahlunto,Dr.Zefnihan.AP.M.Si. 

Disediakan paket sembako beras berisi 5 kg beras SPHP seharga Rp.55.000,-, gula pasir 1 kg, dan 1 liter minyak goreng, daging seharga Rp85 ribu,Cabe merah 75 ribu, bawang merah 25 ribu dan telor 47 ribu/papan.  Juga terdapat stand-stand komoditi lain yang dijual oleh para UMKM ataupun kelompok tani dan kelompok nelayan dibawah kewenangan dinas terkait, diantaranya telur, daging ayam, cabai, bawang merah, bawang putih, sayuran segar, frozen food, olahan ikan, dan olahan pangan lain.

Penjabat (Pj) Walikota Sawahlunto,Zefnihan menjelaskan bahwa,  pelaksanaan bazar pangan murah ini berjalan dengan lancar berkat sinergitas antar instansi terkait yang membantu menertibkan di lapangan.

"Karena warga antusiasnya luar biasa. Mengingat kondisi saat ini terutama menjelang Puasa Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri, bahan-bahan pokok yang dikonsumsi warga mengalami kenaikan terutama yang menjadi perhatian adalah kenaikan harga beras," ungkapnya.

Berdasarkan informasi dari Perum BULOG, harga beras saat ini sudah berangsur turun, tetapi belum terlalu signifikan. Gerakan operasi pasar murah berlangsung kondusif dan tidak ada warga yang berdesakan.

"Saya melihat banyak ibu sepuh supaya mereka tidak mengalami kelelahan. Sudah kami informasikan bahwa, mereka yang sudah mendapatkan kupon diharapkan tidak perlu khawatir, istirahat saja di tempat teduh, pasti masih kebagian. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan manfaat langsung kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan menjelang Puasa Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah," harapnya.

Kemudian lanjutnya,walaupun Sawahlunto tidak termasuk locus survey inflasi di Provinsi Sumatera Barat,kita tetap harus menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok masyarakat

Sementara itu secara terpisah Kadis DKP3, Heni Purwaningsih mengungkapkan ada dua kali lagi kita melakukan Gerakan Pasar Pangan Murah ini selama Ramadhan yakni di Desa Lunto Timur dan Desa Silungkang Tigo.

"Kita berharap masyarakat desa yang jauh dari pasar bisa mendapatkan bahan pangan murah dalam ramadhan dan lebaran nanti dan gerakan ini juga bisa menekan angka stunting karena masyarakat bisa dengan mudah dan murah mendapatkan bahan pangan bergizi." ungkap Heni.

Kadis Koperindag,Tatang Sumarna menegaskan stock beras dan daging dalam keadaan cukup sampai lebaran mendatang. (ris1)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update