Notification

×

Indeks Berita


BNPB akan Ledakkan Batu-Batu Besar di Lokasi eks Galodo Marapi

Minggu, 26 Mei 2024 | Mei 26, 2024 WIB Last Updated 2024-05-25T23:57:56Z

Batu Besar. Sebuah batu besar terlihat di depan masjid di kawasan galodo.

padanginfo.com-PADANG- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan meledakkan batu-batu besar yang kini berserakan di lokasi bencana galodo Gunung Marapi, Sumatera Barat.
.
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya  mengatakan bebatuan ukuran besar itu dapat menimbulkan masalah jika dibiarkan. Karena posisinya berada di jalur aktifitas masyarakat. 

Selain itu, jelasnya, batu-batu besar itu ukurannya luar biasa. Ada yang berdiameter 2 meter, menutup badan jalan dan saluran air.

Rencananya batu besar itu akan diledakkan pada pekan terakhir Mei ini. Sebelumnya.BNPB juga sudah melakukan foto udara di daerah terdampak.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, mengatakan dalam rapat yang dipimpin oleh Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Fajar Setyawan, terdapat empat langkah mendesak yang perlu segera dilaksanakan.

Empat hal tersebut, kata dia, sebagai langkah mitigasi untuk antisipasi risiko potensi bencana serupa di kemudian hari

Empat hal tersebut, kata dia, antara lain peledakan batu-batu besar material Gunungapi Marapi, normalisasi daerah aliran sungai, pembangunan sabo dam, dan penguatan Early Warning System.(in)





Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update