Notification

×

Indeks Berita

Hasil Pool Test Corona Labor Unand, 5 Daerah di Sumbar Negatif

Selasa, 05 Mei 2020 | Mei 05, 2020 WIB Last Updated 2020-05-05T05:36:51Z
padanginfo.com - PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melakukan pool test atau melakukan tes covid-19 dengan jumlah banyak di 5 kabupaten dan kota. Metode tersebut dilakukan untuk mendeteksi apakah ada yang terpapar virus di daerah tersebut.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan lima daerah yang dilakukan pool test adalah daerah yang warganya belum ditemukan positif covid-19. Masing-masing Kota Solok, Sawahlunto, Kabupaten Limapuluh Kota, Sijunjung dan Solok Selatan.

“Tes dilaksanakan melalui metode pool yang dipimpin oleh Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, diambil dengan cara random lewat 100 spesimen,” katanya di Kantor Gubernur Sumbar, Senin (4/5/2020).

Sebanyak 100 spesimen diambil dari warga yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) dan orang dalam pantauan (ODP). Hasilnya, daerah Solok Selatan merupakan wilayah yang paling aman saat ini.

Empat daerah lain memang tidak ada yang positif, namun daerah itu berada di kawasan perlintasan banyak orang. Sehingga dikhawatirkan belum sepenuhnya aman.

Meski sudah aman, Solok Selatan masih tetap dalam status pembatasan sosial berskala besar bersama daerah Sumbar lainnya. Daerah tersebut bisa melepaskan diri dari PSBB dipastikan besok dan itu pun tergantung aspirasi daerah tersebut.

”Solok Selatan paling aman, yang lain juga negatif. Tapi mengawal daerah itu agak berat karena banyak pergerakan orang di sana. Kalau di Solok Selatan tidak begitu, apalagi kemarin jalan putus,” katanya.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update