Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Audy Joinaldy Dikukuhkan sebagai Datuak Rajo Pasisie Alam

Kamis, 20 Agustus 2020 | Agustus 20, 2020 WIB Last Updated 2020-08-20T07:40:45Z
Audy Joinaldy usai dikukuhkan memangku gelar adat Datuak Rajo Pasisie Alam. (f:dok)
padanginfo.com - SOLOK - Audy Joinaldy resmi memangku gelar adat Datuak Rajo Pasisie Alam. Gelar itu dilewakan dan dikukuhkan di rumah gadang suku Balai Mansiang, VI Suku, Kota Solok, Salasa (18/8).

Pengukuhan itu serta disaksikan sejumlah tokoh sekaligus pemangku adat. Gelar adat yang dipercayakan kepada pengusaha nasional ini merupakan warih dari mamaknya sendiri, Tuan Pakiah Basa.

Perhelatan adat yang penuh dengan nuansa adat dan budaya Minangkabau yang digelar kaum Suku Balai Mansiang, VI Suku, Kota Solok, terasa begitu sakral. Betapa tidak, sebuah tanggungjawab besar dalam bidang adat diserahkan pada Audy Joinaldy.

“Insya Allah dengan niat yang baik saya akan menjalankan semua tanggungjawab selaku Datuak,” ujar Audy.

Bak ibarek kayu gadang di tangah padang, daunnyo tampek balinduang, batangnyo tampek basanda, ureknyo tampek baselo, begitu besar harapan masyarakat Minangkabau khususnya bagi suku Balai Mansiang.

Sejumlah tokoh adat dan tokoh masyarakat Kota Solok yang hadir dalam prosesi malewakan serta pengukuhan gelar adat, berharap selaku pengusaha yang kini menjajaki politik. Sosok Audy begitu diharapkan dapat memperjuangkan nilai-nilai adat Minangkabau di tingkat nasional.

Audy juga menyadari ganjaran atas tanggungjawab dan sumpahnya selaku Datuak seandainya tidak ia jalankan,  Ka bukik ndak dapek angin kalurah indak dapek aie, ka ateh indak bapucuak ka bawah indak baurek, di tangah digiriak kumbang, juga sangat berat. "Ini amanah besar yang harus saya jalankan sebaik mungkin," ujarnya.

Dihubungankan dengan dirinya maju sebagai wakil gubernur sumbar, Audy juga mengaku akan memperhatikan kelestarian adat dan budaya yang juga masuk dalam program kerjanya. "Ini masuk dalam visi misi kami bersama Pak Mahyeldi," tuturnya.

"Bersamaan dengan itu, pembenahan guna meningkatan sektor perekonomian masyarakat akan menjadi perhatian dirinya. Semua sektor akan saling mendukung guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat, begitu juga sektor adat dan budaya Minangkabau,” jelasnya (*/afr)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update