Notification

×

Indeks Berita

Nasrul Abit Akan Perjuangkan Harga Gambir Sumatera Barat

Kamis, 29 Oktober 2020 | Oktober 29, 2020 WIB Last Updated 2020-10-29T09:13:14Z
Nasrul Abit sedang meninjau petani produksi gambir di Pesisir Selatan (foto. Tim Hms NA)

padanginfo.com-PESISIR SELATAN-  Calon Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengatakan akan memperjuangkan harga gambir bagi petani petani gambir di Sumatera Barat. Ini dinyatakannya ketika  melakukan safari politik di beberapa titik di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Rabu (28/10/2020). 
 
Pessel adalah daerah asal NA yang hampir dipastikan akan mendukungnya secara penuh di Pilgub Sumbar. Karena, dari 8 kandidat calon Gubernur dan wakil Gubernur, hanya dia yang berasal dari Kabupaten dengan pemilih besar itu.

Tak heran pasangan Nasrul Abit - Indra Catri (NA-IC) nomor urut 2 itu mendapat dukungan penuh saat "pulang kampung". Beberapa titik dikunjunginya di Kecamatan Koto XI Tarusan masyarakat bertekad memenangkan putra daerah mereka.

"Kita jangan lengah dan mesti bersatu untuk memenangkan pak Nasrul Abit. Ini kesempatan emas untuk memenangkan putra daerah kita," ajak tokoh masyarakat Siguntuah Nurdin Imam Marajo yang begitu yakin, NA akan menjadi Gubernur Sumbar perdana dari Pessel.

Dia menyampaikan, antusias masyarakat Pessel mendukung Nasrul Abit sangat tinggi. Bahkan masyarakat Siguntur menghelat doa bersama di masjid setempat supaya NA menang dalam Pilgub Sumbar.

"Kami sudah berdoa di masjid pak, supayo bapak terpilih. Dukungan kami disini sudah bulat. Insya Allah bapak akan menjadi Gubernur Sumbar," katanya langsung di hadapan NA yang didukung penuh partai terbesar di Sumbar, Partai Gerindra.

Pada kesempatan itu, Nurdin yang mewakili masyarakat mengajukan perbaikan irigasi. Sebab selain petani gambir masyarakat setempat juga bersawah. Dia yakin, dengan terpilihnya NA, maka pertanian akan semakin baik.

Sementara di Taratak Sungai Lundang, masyarakat meminta Nasrul Abit bisa memperjuangkan harga gambir. Sebab harga komoditi itu tidak tetap alias turun naik.

"Sekarang harga masih turun naik pak. Tapi Alhamdulillah diatas Rp 20 Ribu. Kami minta saat bapak menang harga bisa stabil," pinta tokoh masyarakat Taratak Sungai Lundang Izul.

Menjawab permintaan masyarakat, Nasrul Abit berjanji akan memperjuangkan aspirasi masyarakat. "Kalau harga gambir ini tinggi tentu masyarakat sejahtera. Saya akan fokuskan ini untuk petani gambir. Saya akan duduk bersama eksportir gambir agar mereka tidak main harga," ungkap Bupati Pessel dua periode ini (2005-2010 dan 2010-2015) ini.

Nasrul Abit menjelaskan, India salah satu negara penampung gambir. Harga gambir diatur secara internasional sehingga dengan cara duduk bersama eksportir adalah solusi terbaik. Dia meyakini, gambir masih bisa menjadi harapan hidup. Masyarakat di Pessel dan juga sejumlah daerah lainnya di Sumbar.

"Harga gambir ini diatur internasional, dulu 80 persen digunakan untuk ban, sekarang hanya 20 persen saja sehingga gambir murah. Tapi tetap akan kami perjuangan agar harga gambir tinggi," tegas wakil Gubernur Sumbar 2016-2021 yang tengah cuti ini. (rilis)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update