Notification

×

Indeks Berita


Syafni Pandeka Rancak, Tuo Silek Sungaipua Meninggal Dunia

Senin, 04 Maret 2024 | Maret 04, 2024 WIB Last Updated 2024-03-04T11:16:19Z
Syafni alias Mak Pini. (foto: FB Kaba Sungaipua).

padanginfo.com-SUNGAIPUA,- Kabar duka datang dari Nagari Sungaipua, Kabupaten Agam. Syafni alias Mak Pini meninggal dunia Senin 4 Maret 2024 jam 04.00 dini hari di kediaman di Patalangan dalam usia 78 tahun.

Kabar meninggalnya Mak Pini yang dijuluki Pandeka Rancak diunggah di grup FB Kaba Sungaipua oleh Rama Ardian, Senin pagi.

Bagi warga Sungaipua dan ampek nagari sekitar, nama Mak Pini sudah tidak asing lagi. Sejak berusia muda hingga usia tua, Mak Pini tiada henti mengajarkan silat tuo kepada anak nagari Sungaipua.

Wilayah Sungai Pua berada di kawasan pegunungan, di kaki gunung Marapi dan Singgalang. Terdapat 10 jorong dari 28 jorong yang kondisi wilayahnya lebih curam dan mendaki.

Mak Pini tidak saja dikenal sebagai tuo silek di Sungaipua, melainkan juga mengajar silek tradisi ke empat  nagari sekitar Sungaipua: Batu Palano, Ladang Laweh, Sariak dan Batagak.

Kami atas nama keluarga, kalau ado kesalahan atau kekhilafan orang tuo kami.. Kami mohon maaf sebesar-besarnya," ujar Rama Ardian  yang memuat pertama kali kabar  duka di grup FB  Kaba Sungaipua.

Almarhum dimakamkan bakda Zuhur di pemakaman kaum Datuak Tumbijo. (in).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update