Notification

×

Indeks Berita

Kanal Khiev, Finalis Kamboja's Got Talent Ambil Bagian di IMLF II Batusangkar

Senin, 29 April 2024 | April 29, 2024 WIB Last Updated 2024-04-29T00:42:23Z

padanginfo.com-PADANG
-  Kanal KHIEV atau yang dikenal dengan Jerry Kanal serius mempersiapkan diri untuk tampil pada pertunjukan seni IMLF di Padang dan Batusangkar. 

Jerry sesungguhnya berlatar belakang pendidikan hukum dan bekerja di bidang hukum, namun ia telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mempelajari seni pertunjukan.

 Semakin dia mendalami seni, semakin dia menyukainya. Ia belum pernah menempuh pendidikan seni formal. Namun hati dan bakatnya mendorongnya untuk mengambil kelas informal seni pertunjukan, belajar mandiri dan mengembangkan dirinya menjadi koreografer, pemain dan instruktur. 

Seluruh koreografinya tidak hanya mengangkat isu-isu di masyarakat, namun juga menjadi terapi psikologis baginya dan penikmat karyanya. Pada tahun 2023, ia telah membuat koreografi 3 buah. 
Ketika itu ia mengikuti Kamboja's Got Talent dan berhasil menjadi 8 besar
Ketika ditanya kenapa tertarik ikut IMLF, ia menjawab dengan bangga
"Saya tertarik untuk berpartisipasi dalam IMLF karena dua alasan.

 Pertama, IMLF merupakan ajang internasional yang mempertemukan seluruh pakar di berbagai bidang di seluruh dunia untuk saling berbagi, bertukar pengalaman dan saling belajar. Ini adalah platform yang akan menghubungkan saya dengan berbagai orang yang mungkin memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan saya di masa depan. 

Kedua, saya yakin bahwa pengalaman saya di bidang seni akan bermanfaat bagi IMLF karena seni pertunjukan dapat diintegrasikan ke dalam bidang apa pun tidak hanya untuk pendidikan, tetapi juga berfungsi sebagai kampanye damai mengenai berbagai isu. 

Dengan alasan-alasan penting tersebut, saya tidak ragu untuk berpartisipasi dalam IMLF, bagaimana seni dan hak asasi manusia bisa dijembatani untuk perdamaian "

Jerry pernah ke Sumatra Barat beberapa tahun lalu mengikuti even IYCCC ( International Youth Conference, Cultural n Camps) yang diselenggarakan Sumbar Talenta bekerjasama dengan HWK Sumbar

"Saya pribadi jatuh cinta dengan Minangkabau karena kekayaan budayanya, nilai sejarahnya, dan gaya arsitekturnya yang khas dan unik yang tidak  saya temukan di tempat lain."  Jawab Khiev . 

Sebagai mana diketahui SatuPena Sumbar bekerjasama dengan Yayasan Sumbar Talenta Indonesia kembali menyelenggarakan International Minangkabau Literacy Festival yang melibatkan 17 negara. Beragam talenta dan beragam aktifitas akan memeriahkan IMLF ke dua di Padang, Padang Panjang dan Batusangkar dari tanggal 8- 12 Mei 2024.

Soni Drestiana, Koordinator Seni Pertunjukan IMLF merasa bangga dan senang karena yang akan tampil adalah penulis dan sastrawan dunia dan artis profesional dari China, Malaysia, Bulgaria, USA, Brunei dan lain- lain untuk menghibur masyarakat sekitar. 


"Mungkin ini adalah Festival literasi terbesar yang melibatkan banyak negara, banyak penulis, banyak pelukis, banyak artis, banyak pemikir dan fotografer dari berbagai negara, pesan even ini adalah agar masyarakat melek literasi dalam banyak hal, hingga perasaan terasuh dan pikiran terasah, semoga memberi manfaat dan hiburan bagi masyarakat Minang" Ujar Soni. (relis).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update