Notification

×

Indeks Berita


Breaking News: Anggota DPD Terpilih Sumbar Lakukan Pertemuan Tertutup Sore ini

Rabu, 12 Juni 2024 | Juni 12, 2024 WIB Last Updated 2024-06-12T07:07:38Z

Ini dia 4 orang calon DPD asal Sumbar. Dari kiri: Cerint. Emm Yohana, ustad Jel Fatullah dan Muslim M.Yatim. (Foto: istimewa).

padanginfo.com-PADANG - Pasca keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang meminta KPU melakukan Pemilihan Suara Ulang (PSU) untuk anggota DPD Sumbar,  Rabu siang ini 13 Juni 2024, empat orang calon anggota DPD asal Sumbar yang meraih 4 besar dikabarkan melakukan pertemuan tertutup di sebuah tempat di Padang.

Ke empat orang peraih suara terbanyak calon anggota DPD asal Sumbar pada Pemilu 14 Februari lalu, masing-masing Cerint Irazola Tasya. Emma Yohana, ustad Jel Fatullah dan Muslim M.Yatim.

Dalam Pileg DPD 14 Februari lalu. dokter muda Cerint Iraloza Tasya (24 tahun)  meraih 489.942 suara disusul Emma Yohana 377.605 suara, ustad Jel Fatullah  308.986 suara dan Muslim Yatim dengan  275.203 suara.

Dari empat orang  peraih suara terbanyak ini, dua orang merupakan pendatang baru, yakni Cerint dan Jel Fatullah. Mereka menumbangkan petahana Leonardy Harmaini. Satu calon lagi Alirman Sory tidak mencalonkan.  Sedang Emma Yohana dan Muslim Yatim petahana. 

Meski KPU Sumbar baru pada tahap finalisasi penghitungan suara, namun ke empatnya bila tidak ada gugatan yang memenangkan Irman Gusman, sudah pasti menjadi senator mewakili Sumbar periode 2024-2029.

Emma Yohana, anggota DPD tiga periode dalam pertemuan dengan wartawan Selasa malam mengatakan, banyak hal yang harus disikapi dari keputusan MK kepada KPU sebagai penyelenggara. Di antaranya soal nomor urut caleg dan saksi- saksi  di TPS.

Menurut Emma, sebaiknya nomor urut tidak dikocok ulang, melainkan nomor urut Irman di posisikan di nomor terakhir. 

"Sama kasusnya dengan nomor urut partai pada pileg lalu. Karena gugatan Partai Ummat diterima, nomornya diposisikan di nomor bontot. Kalau diulang nomor urut sesuai alfabetis bisa salah pilih pemilih tradisional. Tahunya mereka nomor urut saja. Tapi ini usulan saja," terang Emma. (in).


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update